Tanda Hubungan Kalian Sudah Siap Menikah

Masa pacaran biasanya dipergunakan sebagai proses mengenal karakter dan kepribadian masing-masing. Waktu proses pacaran setiap pasangan berbeda-beda, karena memiliki rumus yang berbeda-beda pula dalam menjalaninya.

Jika akhirnya kalian berdua sudah ingin memutuskan untuk segera menikah, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru pastikan 6 tanda dibawah ini sudah kalian miliki, agar kamu dan pasangan bisa lebih siap dalam menjalani hubungan yang lebih serius lagi. Yuk, simak apa saja sih tanda hubungan kalian sudah siap menikah.

1. Berani berkomitmen

Tidak seperti ABG lagi yang hanya menjalani hubungan seperti cinta monyet, yang hanya manis diawal — awal saja, dan saat sudah merasa bosan lalu memilih untuk menyelesaikan hubungan.

Saat kamu dan pasangan sudah berani berkomitmen untuk saling menjaga kepercayaan satu sama lain, tandanya kalian sudah lebih matang dalam menjalani hubungan. Meski harus LDR atau menjalani hubungan jarak jauh kalian tidak merasa worry lagi, karena kepercayaan yang kalian pegang satu sama lain adalah bukti dari komitmen yang kalian pegang. Kalau sudah begitu, merupakan tanda awal baik bahwa kamu berdua siap untuk menikah.

2. Kalian berdua sudah memiliki rencana kedepan bersama

Pernah ngga kamu berdua dengan pasangan membicarakan tentang masa depan bersama, kemudian mengutarakan apa saja impian-impian kalian berdua. kalau kalian sudah mulai membicarakan tentang rencana kedepan bersama, tandanya kalian memang memiliki harapan dan impian bersama untuk menata kehidupan berdua.

Tidak hanya itu, obrolan seperti itu tanpa disadari jika kalian berdua berkeinginan untuk tumbuh tumbuh tua bersama, sweet kan.

3. Lebih memilih untuk menabung dibandingkan bersenang-senang

Jika dahulu kalian lebih sering untuk mengeluarkan untuk uang bersenang-senang setiap minggu bahkan setiap harinya, namun keadaan tersebut berubah menjadi kebiasaan menabung berdua.

Kalian tidak lagi memikirkan untuk menghabiskan waktu bersama disaat itu saja, tetapi untuk menabung agar impian masa depan kalian terwujud. Sama-sama berusaha untuk bisa mengerem pengeluaran yang tidak terlalu penting, merupakan awal yang baik lho. Jadi ucapkan selamat tinggal untuk gaya pacaran kalian yang terlalu boros dan ubahlah untuk menabung bersama.

4. Mau menerima kekurangan masing-masing

Menerima kelebihan pasangan sepertinya sudah pasti semua pasangan bisa menerimanya. Jika awal-awal hubungan kalian semuanya terasa manis, namun bagaimana setelah mengenal cukup lama dan satu per satu sifat aslinya mulai terlihat.

Perbedaan karakter dan sifat mulai menjadi alasan pertengkaran kalian berdua. Kalau sudah begini kalian dihadapkan dua pilihan saja, yaitu mau menerima kekurangannya atau memilih untuk memutuskan berpisah.

Menerima kekurangan terkesan sangat klise, tetapi sebenarnya merupakan hal yang sangat penting dalam setiap hubungan. Karena tidak ada hubungan yang sempurna seperti cerita romantis fairytale atau film-film korea yang pasangan kamu bisa melakukan hal-hal sweet terus-menerus lho! Jadi, jika kalian belum bisa menerima kekurangan pasanganmu sebaiknya pikirkan kembali niat kalian untuk menikah.

5. Mau berkompromi dalam setiap persoalan

Hubungan yang baik bukan berarti hubungan tanpa pertengkaran, namun bagaimana kalian berdua mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan solusi yang baik.

Mau berkompromi merupakan kunci dari segalanya. Tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan asalkan kalian berdua mau berkompromi dengan keadaan. Karena menjalankan sebuah hubungan tidak dilakukan seorang diri, maka diperlukan penyatuan dua karakter melalui jalur kompromi. Disaat kalian mau berkompromi, maka tanpa disadari bahwa kalian juga belajar untuk mengalahkan ego demi kebaikan hubungan berdua.

6. Selalu mau memperbaiki kesalahan yang terjadi agar menjadi lebih baik

Perbedaan pendapat atau pertengkaran dalam sebuah hubungan adalah yang biasa. Malah jika hubungan kamu datar-datar saja tanpa perbedaan pendapat maka perlu dipertanyakan.

Permasalahan yang ada adalah proses belajar kamu berdua untuk mengenal lebih dalam lagi bagaimana kepribadian masing-masing. Permasalahan yang kerap terjadi harus kamu pandang sebagai hal yang positif agar kalian berdua bisa mengetahui apa-apa saja yang perlu kalian perbaiki dan mana yang perlu dipertahankan untuk kelangsungan hubungan berdua.

Jika dari 6 tanda tersebut sudah kalian kantongi, maka tanda hubungan kalian sudah siap menikah sudah didepan mata. Jadikan proses pacaran sebagai masa mengenal pasangan kalian dengan baik. Sehingga kamu berdua bisa sama-sama berproses mewujudkan impian berdua.

Buat kalian yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan atau masih planning dari sewaktu pre-wedding hingga ke tahap pernikahan, Metta Invitation punya hadiah spesial buat kalian, yaitu Wedding Planning Checklist.

Apa itu Wedding Planning Checklist? Wedding Planning Checklist adalah sebuah cheatsheet/contekan/panduan untuk membantu kalian mempersiapkan pernikahan kalian secara timeline atau beruntutan waktu, jadi kalian hanya perlu menceklis sesuai kebutuhan dan waktu yang berjalan, sehingga persiapan hingga hari-H kalian dapat terwujudkan dengan sempurna.

Selagi masih gratis, kalian bisa dapatkan Wedding Planning Checklist tersebut dengan bergabung ke channel telegram kita di Metta Invitation, yuk gabung sekarang mumpung masih free ya…

Metta Invitation is an exclusive & modern digital invitation service providing various types of digital invitations such as wedding invitations, anniversary,etc

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store