Menikah, Beli Rumah Atau Mobil Dulu?

Menikah adalah awal mula untuk menata kehidupan baru bersama pasangan. Cita-cita ingin memiliki rumah atau mobil sudah ada dalam planning kalian berdua. Sehabis menikmati masa-masa honeymoon, selanjutnya kamu dan pasangan dihadapkan dengan pilihan seperti membeli rumah atau mobil dahulu. Kendati begitu dengan budget yang kalian miliki, maka harus mementingkan yang lebih penting terlebih dahulu.

Banyak pasangan baru yang dilema akan pilihan membeli rumah atau mobil dahulu. Rumah yang merupakan kebutuhan pokok sangat penting sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk berteduh. Apalagi jika kamu sudah menikah, bayangan memiliki anak sudah didepan mata. Sedangkan mobil sebagai alat transportasi yang nyaman juga diperlukan, karena Indonesia masih minim akan jumlah transportasi yang nyaman.

Pertimbangan tersebut yang membuat sebagaian dari kamu bingung menentukan pilihan untuk membeli rumah atau mobil dahulu, karena keduanya dirasa sama pentingya. Kemudian kalau begitu mana yang harus dipilih terlebih dahulu? Untuk menjawabnya kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut agar pilihanmu tidak salah.

Mana yang harus didahulukan?

Membeli sebuah mobil dahulu memang nampak menggiurkan. Bagaimana tidak, selain harganya yang masih bisa dijangkau dengan cicilan, DP yang diperlukan juga lebih kecil dibandingkan dengan DP rumah. Tidak heran jika masyarakat kita lebih banyak yang sudah memiliki mobil dahulu walaupun tempat tinggal masih dikosan atau kontrakan.

Membeli rumah sebenarnya lebih diutamakan. Karena selain lebih banyak kegunannya di kemudian hari, membeli rumah sama saja seperti berinvestasi dengan nilai jual yang akan terus bertambah lebih besar. Namun bagaimana jika budget kamu terbatas?

Jika kamu terhalau dengan budget, maka kebutuhan dan status pernikahan bisa kamu jadikan tolak ukur. Jika kamu masih single alias belum menikah, tandanya kamu belum memiliki tanggungan untuk anak dan istri. Maka opsi membeli mobil dahulu bisa kamu pilih, dalam rangka menunjang karir.

Sedangkan bagi kamu yang sudah menikah atau berencana menikah membeli rumah dahulu menjadi fokus utama. Harga rumah yang selangit, bisa kamu solusikan dengan mencari cicilan KPR yang sesuai dengan budget kantongmu.

Alternatif lainnya

Alternatif lainnya adalah dengan tinggal dirumah orangtua atau mertua. Lalu kamu bisa membeli mobil dahulu dari gaji bulanan, sambil mulai menabung untuk DP membeli rumah dari uang THR atau bonus tahunan. Untuk membeli mobil, kamu tidak harus memaksakan membeli mobil baru, karena mobil harganya akan cenderung terus menurun.

Hal yang perlu kamu waspadai adalah tetap berhati-hati karena opsi ini gampang goyah alias gagal dan membuat kamu jadi gagal menabung karena biaya dipakai untuk jalan-jalan atau berbelanja. Jadi pastikan kamu dan pasangan memiliki kondisi financial yang sehat dan kuat.

Setelah membaca artikel ini, maka kamu akan mengetahui masuk dalam kategori manakah dirimu. Kemudian kalian bisa menentukan langkah untuk menentukan membeli rumah atau mobil dahulu, Agar masa depan kamu terencana dengan baik. Selamat menabung!

Buat kalian yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan atau masih planning dari sewaktu pre-wedding hingga ke tahap pernikahan, Metta Invitation punya hadiah spesial buat kalian, yaitu Wedding Planning Checklist.

Apa itu Wedding Planning Checklist? Wedding Planning Checklist adalah sebuah cheatsheet/contekan/panduan untuk membantu kalian mempersiapkan pernikahan kalian secara timeline atau beruntutan waktu, jadi kalian hanya perlu menceklis sesuai kebutuhan dan waktu yang berjalan, sehingga persiapan hingga hari-H kalian dapat terwujudkan dengan sempurna.

Selagi masih gratis, kalian bisa dapatkan Wedding Planning Checklist tersebut dengan bergabung ke channel telegram kita di Metta Invitation, yuk gabung sekarang mumpung masih free ya…

Metta Invitation is an exclusive & modern digital invitation service providing various types of digital invitations such as wedding invitations, anniversary,etc

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store