Capai Kesepakatan Harga Yang Bijak Dengan Vendor Pernikahan Lewat Cara Ini

Banyak calon pasangan pengantin berpikir bagaimana bernegosiasi dengan vendor pernikahan. Terkait hal ini, mungkin bisa dipikirkan kembali tentang persepsi Anda soal “negosiasi.”

Ya, Anda dapat berbicara tentang harapan pernikahan dan bekerja sama dengan vendor yang Anda sukai. Namun, menawar secara agresif pun tak menjamin pihak vendor secara “ajaib” akan menurunkan tarifnya.

Ini semua tentang melakukan riset terlebih dahulu, jujur, ​​dan jujur. Vendor pun akan siap untuk memberikan produk atau layanan tertentu agar sesuai dengan anggaran Anda.

Ingin tahu bagaimana bernegosiasi dengan vendor pernikahan sehingga mendapat harga yang bijak sesuai dengan kesepakatan? Berikut adalah cara terbaik untuk membahas anggaran Anda.

1. Lakukan riset soal pasaran harga

Sebelum memikirkan cara bernegosiasi dengan vendor pernikahan, Anda harus mencari tahu berapa biaya yang wajar untuk vendor pernikahan di wilayah Anda.

Seharusnya, tidak mengejutkan mengetahui bahwa biaya pernikahan sangat bervariasi tergantung di mana Anda menikah.

2. Ingat, vendor beri harga karena suatu alasan

Ada banyak faktor yang memengaruhi harga vendor, termasuk pengalaman, persediaan, waktu, perjalanan, dan banyak lagi.

Para profesional pernikahan sering kali merupakan bisnis kecil dan mereka harus cukup kompetitif di pasar, mereka juga perlu mencari nafkah.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang perlu Anda ketahui tentang harga.

3. Terus terang tentang anggaran Anda

Nasihat terbaik kami adalah kejujuran adalah kebijakan terbaik. Alih-alih mencoba tawar-menawar dengan vendor pernikahan, katakan dengan tenang dan sopan kepada mereka, dalam percakapan pertama Anda, jumlah persis yang dapat Anda keluarkan untuk layanan mereka.

Beberapa vendor mungkin secara kreatif mengubah paket mereka agar sesuai dengan anggaran Anda. Di sinilah kompromi masuk. Vendor lain mungkin tidak dapat bekerja dengan Anda dan itu tidak apa-apa.

Jika demikian, Anda mungkin mengetahui adanya pernikahan yang mungkin dapat menyediakan produk dan/atau layanan sesuai anggaran Anda.

Merupakan ide yang bagus untuk memperkenalkan Anda kepada sesama profesional yang akan lebih cocok.

4. Bersiaplah untuk kompromi

Setelah Anda menerima informasi tentang paket vendor, tinjau dengan cermat untuk menentukan apa yang termasuk di dalamnya.

Apakah ada produk atau layanan yang tidak Anda butuhkan? Jika vendor fleksibel, Anda dapat menghapus item tertentu untuk suatu paket.

Jika anggaran Anda dekat dengan harga vendor, kemungkinan cara ini dapat dilakukan.

5. Jangan terlalu agresif tawar-menawar

Anda bisa selektif tentang vendor, sebaliknya vendor pun bisa selektif tentang klien yang bekerja dengan mereka.

Tidak perlu menjadi agresif ketika Anda terlalu banyak menuntut.

Ingat bahwa sekali kontrak ditandatangani, itu tidak dapat diubah, jadi pastikan untuk membaca dokumen-dokumen itu dengan hati-hati untuk memastikan Anda tetap dalam anggaran.

Buat kalian yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan atau masih planning dari sewaktu pre-wedding hingga ke tahap pernikahan, Metta Invitation punya hadiah spesial buat kalian, yaitu Wedding Planning Checklist.

Apa itu Wedding Planning Checklist? Wedding Planning Checklist adalah sebuah cheatsheet/contekan/panduan untuk membantu kalian mempersiapkan pernikahan kalian secara timeline atau beruntutan waktu, jadi kalian hanya perlu menceklis sesuai kebutuhan dan waktu yang berjalan, sehingga persiapan hingga hari-H kalian dapat terwujudkan dengan sempurna.

Selagi masih gratis, kalian bisa dapatkan Wedding Planning Checklist tersebut dengan bergabung ke channel telegram kita di Metta Invitation, yuk gabung sekarang mumpung masih free ya…

Metta Invitation is an exclusive & modern digital invitation service providing various types of digital invitations such as wedding invitations, anniversary,etc

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store